Penyebab Penipisan Lapisan Ozon

 

Bumi memiliki lapisan yang dapat menyelimutinya yang berfungsi untuk melindungi bumi dari berbagai macam aktivitas benda langit. Lapisan tersebut disebut dengan lapisan atmosfer. Lapisan ini berupa lapisan udara yang dapat melindungi bumi dari sinar matahari yang membahayakan maupun jatuhnya benda-benda langit. Dalam lapisan atmosfer ini, kita dapat menemukan satu lapisan yang sangat penting bagi bumi. Lapisan ini disebut dengan lapisan ozon.

Lapisan ozon ialah lapisan yang sangat bermanfaat untuk bumi. Lapisan ozon merupakan salah satu lapisan yang letaknya berada di lapisan-lapisan atmosfer. Nama lapisan ozon sering kali didengar, terlebih diakhir ini saat berita mengenai pemanasan global bermunculan.

Lapisan ozon dapat dikatakan sangat penting karena memiliki peran yang besar untuk menghalangi sinar ultraviolet (UV) yang berasal dari matahari, selain itu lapisan ozon juga berfungsi untuk mengatur jumlah sinar ultraviolet (UV) yang masuk ke bumi, menyerap sinar ultraviolet (UV), menjaga suhu bumi agar tetap stabil, dan juga melindungi permukaan bumi dari benda langit yang jatuh. Beberapa aktivitas yang dapat menyebabkan penipisan lapisan ozon antara lain :

Klorofluolokarbon : Chlorofluorocarbons atau CFC merupakan penyebab utama terjadinya penipisan lapisan ozon. CFC ini dilepaskan oleh pelarut, semprotan aerosol, lemari es, AC, dll. Molekul klorofluorokarbon di stratosfer akan dipecah oleh radiasi ultraviolet dan melepaskan atom klorin. Atom-atom ini bereaksi dengan ozon dan menghancurkannya.

Banyaknya pengguna kendaraan : Kendaraan merupakan alat transportasi yang akan menimbulkan asap sebagai bahan penyebab polusi udara. Asap kendaraan tersebut mengandung berbagai macam gas merugikan yang akan menyebabkan terjadinya penipisan lapisan ozon. Asap kendaraan tersebut akan naik ke atas sehingga dapat menyebabkan suhu bumi memanas. Hal tersebut akan menyebabkan penipisan lapisan ozon. 

Hutan yang gundul : Pada saat hutan-hutan digundul maka terjadinya proses penetralisasi udara sulit untuk dilakukan. Selain hal tersebut, produksi karbon juga akan sulit untuk dikendalikan, hal itu akan menjadi penyebab  cepatnya proses penipisan lapisan ozon.

Asap pabrik : Asap pabrik mengandung gas berbahaya yang dapat menyebabkan memanasnya suhu bumi. Hal tersebut akan menyebabkan terjadinya penipisan pada lapisan ozon.

Bahan rumah tangga yang mengandung zat berbahaya : Bahan-bahan rumah tangga yang dapat menyebabkan terjadinya penipisan lapisan ozon yaitu bahan yang banyak mengandung zat-zat kimia. Bahan-bahan kimia tersebut akan menyebabkan pencemaran udara yang nanti pada akhirnya akan menyebabkan penipisan lapisan ozon.

Penggunaan pestisida berlebih : Pestisida merupakan suatu cairan pembasmi hama yang biasanya digunakan dalam pertanian. Pestisida mengandung bahan kimia yang akan menyebabkan penipisan pada lapisan ozon.

    Komentar

    Posting Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Analisis Konsentrasi Ozon di Stasiun Wilayah Indonesia dari Tahun 2008 - 2018