Dampak Pencemaran Udara dan Cara Mengatasinya


 

        Hal yang perlu Anda ketahui dari pencemaran udara ialah dampaknya yang sangat membahayakan dan juga bagaimana cara mengatasinya. Jika hal tersebut tidak ditangani secara baik dan serius, maka pencemaran udara yang terjadi secara terus menerus akan menimbulkan dampak yang sangat berbahaya. Salah satunya dapat mengganggu kesehatan dan juga menimbulkan berbagai macam penyakit. Berikut beberapa dampak dari pencemaran udara dan juga cara mengatasinya yang perlu Anda ketahui.


DAMPAK PENCEMARAN UDARA

  • Mengganggu Kesehatan Makhluk Hidup : Akibat yang ditimbulkan dari pencemaran udara ini tidak jauh atau tidak terlepas dari permasalahan tentang kesehatan, baik untuk manusia maupun hewan. Pencemaran udara yang terjadi dapat mengganggu sistem pernapasan. Oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk bernapas akan mengalami penurunan kualitas, sehingga menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan.
  • Pemanasan Global : Pencemaran udara yang terjadi secara terus-menerus dan secara besar-besaran nantinya akan menimbulkan atau meningkatkan risiko terjadinya pemanasan global. Banyak aktivitas manusia yang menyebabkan terjadinya pemanasan global, seperti asap kendaraan bermotor yang dapat meningkatkan gas rumah kaca. Meningkatnya gas rumah kaca yang terjadi diatmosfer disebut dengan efek rumah kaca. Nah gas-gas inilah yang menjadi pemicu terjadinya global warming (pemanasan global).
  • Jarak Pandang Berkurang : Asap tebal yang dihasilkan dari pencemaran udara dapat menyebabkan jarak pandang berkurang. Sehingga dapat membahayakan aktivitas manusia. Misalnya, saat mengendarai kendaraan akan berbahaya dan meningkatkan risiko kecelakaan apabila jarak pandang tersebut terbatas.

        Setelah mengetahui dampak yang terjadi dari pencemaran udara, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Hal ini bertujuan agar kondisi udara di lingkungan tidak semakin buruk dan merugikan. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi pencemaran udara yang ada di lingkungan :


CARA MENGATASI PENCEMARAN UDARA
  • Menggunakan Transportasi Umum : Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan mengenai pencemaran udara adalah dengan membatasi penggunaan kendaraan pribadi. Mulailah menggunakan transportasi umum untuk bepergian, misalnya berangkat kerja dan pulang kerja. Hal tersebut dapat mengurangi pencemaran udara di lingkungan sekitar.
  • Membatasi Penggunaan Listrik : Tenaga listrik yang ada di Indonesia masih banyak diperoleh dari mesin pembangkit listrik yang menggunakan minyak maupun batu bara. Hal tersebut dapat menimbulkan banyak asap dan polusi. Sehingga Anda bisa membatasi penggunaan listrik untuk mengurangi terjadinya pencemaran udara.
  • Hindari Melakukan Pembakaran Sampah : Kegiatan membakar sampah merupakan salah satu penyebab terjadinya pencemaran udara. Sehingga disarankan tidak membakar sampah untuk mengurangi angka pencemaran udara. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga kesehatan Anda sendiri, karena asap beracun yang ditimbulkan dari pembakaran sampah dapat membahayakan kesehatan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Cemaran PM 2.5 di Pulau - Pulau Indonesia dan Penyebabnya Pada Kurun Waktu Tahun 1998 - 2018

Analisis Konsentrasi Ozon di Stasiun Wilayah Indonesia dari Tahun 2008 - 2018

Penyebab Penipisan Lapisan Ozon